Pages

Jangan rusak liburanmu dengan kesalahan packing ransel!

Jangan rusak liburanmu dengan kesalahan packing ransel!

Everywhere you go, has 99% of what you need. You can buy almost anything, anywhere in the world. So, it truly is safe, to pack 1/2 of what you think you’ll need. Sean Keener, Founder of the BootsnAll Travel Network.

Rucksack/Carrier (biar enak dan enggak njelimet, gue biasa nyebutnya keril) atau apalah itu namanya memang bagian vital dalam sebuah perjalanan. 'Obat ganteng' yang satu ini ibarat lemari ajaib yang kamu bawa-bawa saat perjalanan. Mulai yang harga ratusan ribu sampai jutaan, mulai yang kelebihan anti air sampai anti gravitasi semua ada.

Meskipun tas keril didesain untuk sebuah perjalanan agar nyaman, namun kalau kamu salah dalam perpackingan yang ada perjalanan kamu akan merepotkan. Berikut gue akan mencoba membagi tips packing barang agar perjalanan kamu aman, nyaman, damai, makmur, sejahtera:

Kenali tipe tas ransel

Ini sih yang dasar banget harus kamu pahami. Banyak orang yang sedikit keliru soal kegunaan atau fitur-fitur tas yang dimiliki. Tas ransel punya beberapa tipe yang harus kamu cermati. Mulai yang didesain untuk perjalanan pendek hingga long trip, tipe backpacking atau mountaineering, dan sebagainya. Karena memang gue bukan tukang review barang yang baik, kamu bisa kunjungi situs review perlengkapan outdoor terbaik di outdoorgearlab.com Nah, di situ kalian bakal dapat rekomendasi serta review-review perlengkapan outdoor lengkap dari mulai keril, sarung tangan, kamera, sampai tenda.

Buat list perlengkapan

Daftar perlengkapan yang akan kamu bawa ada baiknya disusun jauh-jauh hari. Hal tersebut bermaksud untuk menghindari hal-hal dadakan yang berujung kamu lupa bawa sesuatu. Dalam ilmu packing, the power of kepepet itu sama sekali enggak enak. Perlengkapan yang dibawa tentunya harus efisien. Buang jauh-jauh ego kamu untuk membawa barang-barang yang tidak ada gunanya selama perjalanan.

Gunakan matras dan trashbag

Jika kamu berpergian jauh, lama atau membutuhkan banyak barang bawaan seperti naik gunung, kamu bisa memakai matras dengan menaruh melingkar di dalam keril. Dengan adanya matras carrrier akan menjadi lebih tegak, lebih seimbang, dan memudahkan kita dalam memasukkan barang – barang.

Setelah matras terpasang, kamu bisa memasukan barang-barang kamu ke dalam trashbag. Sepele sih memang, tapi hal tersebut berguna untuk melindungi barang-barang kamu dari hujan. Meskipun banyak dijual cover bag, tapi itu tidak menjamin tas kamu kering saat hujan deras. Terlebih jika kamu naik gunung yang kejamnya suhu dingin dapat membuat kondensasi atau pakaian-pakaian kamu berembun.

Atur barang dengan benar

"Barang ringan ada di bagian bawah tas, dan barang berat ada di bagian punggung," berikut konsep simpel dalam mengatur susunan barang di dalam ransel kamu. Tujuannya untuk memberi keseimbangan tubuh agar tidak terlalu terbebani dengan isi tas. Dengan menaruh barang seperti itu, beban tas jadi terbagi dengan sempurna.

Selain itu, manfaatkan ruang yang ada. Misalnya kamu bisa menggulung semua pakaian kamu hingga sekecil mungkin, mengempeskan dahulu bungkus-bungkus makanan (contoh chiki-chiki yang isinya kebanyakan angin). Pastikan pula tidak ada barang yang menjuntai atau keluar dari tas, kecuali memang disengaja.

Barang penting = mudah dijangkau

Barang seperti jas hujan, jaket dan obat-obatan harus berada di area yang mudah dijangkau. Misalnya di bagian atas tas, atau di kantong kiri dan kanan. Jangan sampai di kondisi darurat kamu harus mengacak-acak isi carrier dahulu.

Baca juga dong:

4 tips jitu minta izin naik gunung ke orang tua

Tuan Kembara

Lebih baik jadi burung kecil yang terbang bebas daripada jadi raja yang tertawan. Tertarik di bidang dokumentasi, musik, historia dan humaniora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar